Ayo Ikut Memedi Sawah - Info Borobudur dan Wisata Magelang

Breaking

Post Top Ad

InfoBorobudur

Post Top Ad

Pesona Magelang

Jumat

Ayo Ikut Memedi Sawah



INFOBOROBUDUR.COM - Festival Desa Ngawen tahun ini, sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Salah satu perbedaannya dalam festival yang dilaksanakan rutin setiap tahun ini, akan diadakan juga festival memedi sawah.

Memedi sawah bagi generasi muda, tentu sedikit asing. Namun bagi para petani atau kalangan usia lanjut, tentu sudah tidak asing. Ya ... memedi sawah atau orang-orangan sawah (begitu sering orang menyebutnya) ... zaman dahulu sering digunakan untuk menakut-nakuti burung di sawah.

Dalam perjalanan waktu , kini banyak petani yang sudah meninggalkannya. Kini para petani hanya menggunakan alat seadanya untuk menghalau burung-burung diswahnya. Bahkan terkadang, dibiarkan saja (tidak dijaga).

Untuk mengingatkan para generasi muda, Panitia Festival Desa Ngawen kembali mengadakan lomba Memedi Sawah. Siapa saja boleh mengikuti dan gratis. Namun sesuai ketentuan, mereka harus tergabung dalam satu tim. Untuk satu tim, maksimal beranggotakan tiga orang.


Sedang materi untuk membuat memedi sawah ini, harus dari barang bekas (limbah). Misal jerami, sabut dan batok kelapa, pakaian bekas, helm dan lainnya. Untuk ketinggian juga hanya boleh maksimal 2 meter. Bagi yang tertarik, panitia menyediakan total hadiah Rp 3.750.000. Syarat lain, setiap tim harus ikut kirab. (Yoh)

Post Top Ad