Pengelola Wisata Alam Didorong Kerjasama Dengan Pemerintah Desa - Info Borobudur dan Wisata Magelang WA 0857 2721 9997, VW Tour, Sepeda, Rafting, Jeep, Andong

Breaking

Post Top Ad

InfoBorobudur

Post Top Ad

Pesona Magelang

Senin

Pengelola Wisata Alam Didorong Kerjasama Dengan Pemerintah Desa


infoborobudur.com,MAGELANG - Guna mengurai berbagai persoalan yang timbul di wilayah wisata alam sekaligus mewujudkan Visi Bupati Magelang dalam mewujudkan Kabupaten Magelang yang sejahtera, berdaya saing dan amanah, pembantu wisata alam di Kabupaten Magelang menerima kegiatan pelatihan dari Dinas Pariwisata Kepemudaan Dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Senin 21 hingga 24 Agustus 2023 di Grand Artos Hotel.

Kegiatan bertajuk Pelatihan DAK Non Fisik Kepariwisataan Pelatihan Pemandu Ekowisata tersebut dilaksanakan untuk memberikan arahan dan bekal ilmu kepada para pemandu wisata alam di Kabupaten Magelang.


" Pelatihan ini nantinya akan fokus kepada implementasi. Jadi nantinya peserta itu akan betul-betul mampu untuk hadir di tengah-tengah wisata alam di wilayah mereka," kata Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Mulyanto sesaat setelah membuka kegiatan pelatihan tersebut.

Dirinya juga mendorong pengelola wisata alam untuk dapat bekerjasama dengan Pemerintah Desa. Karena menurutnya ekowisata tersebut lebih banyak terarah pada daerah-daerah yang ada di desa.

" Selama ini jika terdapat permasalahan hendaknya segera diselesaikan bersama untuk di sektor ekowisata terutama masalah bidang sarana dan infrastruktur," lanjutnya.

Menurutnya, pasca Pandemi Covid-19 ini, Eko wisata di daerah pedesaan mulai bergeliat, tumbuh dan berkembang sesuai dengan kualitas masing-masing. Hal ini tentunya akan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan masyarakat di sekitarnya.

" Jangan lupa, Pokdarwis, Pemerintah Desa dan pelaku wisata semuanya harus bekerjasama dalam mewujudkan ekosistem wisata," Mulyanto mengingatkan.

Kegiatan tersebut diikuti 40 orang pemandu ekowisata se-Kabupaten Magelang dengan menghadirkan narasumber diantaranya Bupati Magelang, Zaenal Arifin, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magelang Soeharno, PHRI Magelang, Praktisi Wisata, Akademisi, DTW Magelang serta dari Pesona Magelang.

“Pesan kami wisata jangan kemudian dibuat tidak menarik, bagi para wisatawan. Berikanlah kealamiahan yang ada di masing-masing obyek wisata, sehingga wisatawan bisa melihat, biasa menilai keunggulan di mana saja mereka berkunjung,” pungkas Mulyanto.(Dw)

Post Top Ad