Festival Tandurian Candimulyo, Tampilkan Gunungan Buah Durian Dan Tanaman Hias - Info Borobudur dan Wisata Magelang WA 0857 2721 9997, VW Tour, Sepeda, Rafting, Jeep, Andong

Breaking

Post Top Ad

InfoBorobudur

Post Top Ad

Pesona Magelang

Minggu

Festival Tandurian Candimulyo, Tampilkan Gunungan Buah Durian Dan Tanaman Hias


Infoborobudur.com - Ratusan warga rela berdesak-desakan demi berebut gunungan buah durian. Hal itu nampak dalam acara Festival Tandurian di Central Tanaman Hias Bojong Berkembang, Dusun Bojong, Desa Giyanti, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Minggu (26/2/2023).

”Hari ini merupakan puncak acara Festival Tandurian. Kemarin (25 Februari 2023) sudah dilaksanakan bazar tanaman dan durian dan penampilan beberapa kesenian,” ujar ketua panitia Festival Tandurian, Nurul hakim baihaki di sela-sela acara, Minggu (26/2/2023).

”Untuk puncaknya, ada kirab tandurian yakni tanduran atau tanaman hias dan durian. Gunungannya kita kombinasi yakni tanaman dan durian. Gunungan tandurian itu kita arak dari dari Dusun Bojong ke lokasi festival kemudian kita bagikan gratis ke pengunjung,” sambungnya.

Dia menjelaskan, tujuan acara ini salah satunya untuk memperingati Hari Jadi ke-2 Central Tanaman Hias Bojong Berkembang. ”Dan ini event pertama kalinya, tanaman hias berkolaborasi dengan durian. Karena potensi di sini, selain tanaman hias yang setiap hari kami jualan, juga ada potensi durian,” jelasnya.

Lanjut Nurul, dalam festival ini juga ada kontes buah durian dan tanaman hias. ”Untuk kontes durian, kategorinya ukuran. Jadi nanti yang dinilai adalah ukuran buah tersebut. Syarat durian yang ikut kontes yakni harus durian lokal Candimulyo,” imbuhnya.

Sementara untuk bazar tanaman, kata Nurul, ada berbagai jenis seperti aglonema, anthurium, philodendron dan lain sebagainya.

”Untuk kontesnya, kita berkolaborasi dengan Asosiasi Aglonema Magelang. Jadi kontesnya ini untuk tanaman aglonema dengan kategori ukuran/size mulai small, tujuh daun dan juga ada tunggal dewasa, kemudian rumpun,” katanya.

Nurul pun berharap, acara ini bisa menjadi daya tarik wisata baru di Magelang. ”Menjadi daya tarik sendiri dengan tema tersendiri yakni Tandurian (tanaman hias dan durian),” pungkasnya.

Post Top Ad