Belajar Bahasa Inggris, Datang ke Desa Bahasa - Info Borobudur dan Wisata Magelang

Breaking

Post Top Ad

InfoBorobudur

Post Top Ad

Pesona Magelang

Rabu

Belajar Bahasa Inggris, Datang ke Desa Bahasa


INFOBOROBUDUR – Siapa tidak tahu desa bahasa yang terletak di Desa Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Didirikan oleh Hani Sutrisno, seorang mantan pedagang asongan Candi Borobudur sekitar tahun 90-an. Saking populernya, desa ini pernah dikunjungi Menteri Pendidikan RI, M Nuh sekitar tahun 2008 lalu dan Menteri BUMN Dahlan Iskan tahun 2012 lalu.

Meski sempat vakum tahun 2009 hingga 2011, namun sejak ‘sang guru’ Hani Sutrisno kembali fokus membangun kembali desa bahasa, kini ramai lagi. Aktivitas warga dari berbagai latar belakang dan umur yang belajar Bahasa Inggris, kembali terlihat memenuhi sebuah rumah sederhana disalah satu sudut desa Ngargogondo. Rumah joglo di Dusun Pirikan Desa Ngargogondo itu pun, kembali riuh dipenuhi suara cas-cis-cus orang dari berbagai daerah belajar Bahasa Inggris.

Tertarik ? Hubungi: 087719147194

Menurut Hani Sutrisno yang pernah dinobatkan sebagai Pemuda Pelopor terbaik II tingkat Jawa Tengah di bidang pendidikan itu, pihaknya terus melakukan inovasi-inovasi agar pengunjung dan peserta ‘kursus’ puas. Terakhir, ia membangun ruang kelas baru dipinggir sungai tak jauh dari rumahnya. Ditempat itu, juga dilengkapi sebuah kedai dan panggung gembira.

Sebagai kedai bahasa, lanjut dia, seluruh aktivitas didalamnya harus menggunakan bahasa inggris. Tidak hanya untuk memesan, tapi berbicara pun juga wajib menggunakan bahasa inggris. ”Warga di sekitar sini sudah biasa datang ke kedai dan ngobrol dengan bahasa inggris. Tapi banyak juga yang masih belajar,” ungkapnya.

Yang unik lainnya di kedai ini, tidak pernah mematok harga untuk setiap produk yang dijualnya. “Pembeli tidak pernah kami patok harga. Mereka dapat memberi seikhlasnya, sesuai keinginan masing-masing. Tapi tetap harus bayar, hahaha ….,” katanya sambil tertawa.

Ditempatnya, peserta ‘kursus’ tidak hanya datang dari wilayah Kabupaten Magelang saja, tapi dari berbagai lain seperti Temanggung, Semarang, Yogyakarta, Jakarta, Bandung dan bahkan dari Kalimantan. “Mereka juga berasal dari segala umur dan kalangan. Ada yang masih duduk di bangku SMP, SMA/SMK, pondok pesantren bahkan perguruan tinggi. Tidak sedikit pula, guru dan PNS aktif yang ingin memperdalam bahasa inggrisnya ditempat kami ini,” kata ayah tiga orang anak kelahiran 1974 tersebut.

Tertarik ? Hubungi: 087719147194

Ditempat ini, pihaknya mengajarkan cara mudah dan menyenangkan belajar bahasa inggris. “Setiap empat bulan sekali, kami membuka kelas baru. Target kami, selama empat bulan itu, mereka harus dapat berbicara bahasa inggris. Jika tidak, kami beri garansi seumur hidup hingga bisa,” pungkas Hani. (Yohanes)

Post Top Ad