Tongseng Jamur - Info Borobudur dan Wisata Magelang

Breaking

Post Top Ad

InfoBorobudur

Post Top Ad

Pesona Magelang

Rabu

Tongseng Jamur


INFOBOROBUDUR- Tongseng kambing, bagi sebagian kalangan terutama para penderita darah tinggi, mulai menghindari menu yang satu ini. Pasalnya, kandungan kolesterolnya yang cukup tinggi. Namun bagi para penderita darah tinggi kini tidak perlu risau. Pasalnya, diwilayah Kabupaten Magelang, terdapat warung makan dengan menu utama tongseng. Namun bahan baku utama dari tongseng ini, bukanlah daging kambing seperti pada umumnya. Namun adalah jamur tiram dan merang.

Untuk rasanya, tidak kalah menggugah selera makan kita. Selain itu, ada kasiat lain yang akan kita dapatkan jika makan tongseng jamur ini. Yakni dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Tidak salah, sejak dibukanya warung ini menjadi buruan para pecinta kuliner tidak saja dari Magelang tapi juga Yogya dan daerah lain. Pasalnya, selain rasa yang lezat namun juga kasiatnya tersebut.

Tongseng jamur ini merupakan menu utama yang disuguhkan oleh warung makan milik Amin Safi'i yang berada di Jalan Bala Putradewa, Komplek Wisata Candi Borobudur. Amin sudah membuka warung makan ini sejak sekitar tahun 1993. Kini, ia juga membuka cabang di Muntilan, tepatnya disebelah Klenteng Hok An Kiong Muntilan.

Sementara itu, bahan dan bumbu tongseng jamur ini tergolong sederhana. Yakni hanya bawang merah, cabe rawit, tomat dan kuah gula santan ditambah kubis serta jamur tiram dan jamur merang. Prosesnya pun juga cukup mudah.

Pertama, irisan bawang merah, cabe rawit dan tomat ditumis hingga layu. Kemudian, irisan jamur tiram dan merang serta kubis dimasukkan. Setelah cukup matang, baru ditambahkan kuah santan gulai dan kecap sebagai penambah rasa. Selain karena rasanya yang nikmat, tongseng jamur ini dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. "Dalam sebulan, terkadang dua-sampai tiga kali saya bersama suami atau saudara mampir ke warung ini," kata Amin, pemilik warung.

Warung makan ini buka setiap hari mulai pukul 16.00 hingga pukul 24.00. dalam sehari, warung ini mampu menjual kurang lebih 300 porsi dengan harga cukup murah hanya Rp 6000 per porsinya. (Yohanes)

Post Top Ad