Tak Sekedar ‘Fun’, Jeep Merapi Peduli Alam - Info Borobudur dan Wisata Magelang

Breaking

Post Top Ad

InfoBorobudur

Post Top Ad

Pesona Magelang

Senin

Tak Sekedar ‘Fun’, Jeep Merapi Peduli Alam


INFOBOROBUDUR - Offroad yang dilaksanakan anak muda di Kabupaten Magelang yang tergabung dalam Merapi Park Adventure, patut diapresiasi. Pasalnya, mereka tidak hanya menonjolkan soal andrenalin, namun wisatawan juga diajak melakukan konservasi alam di lereng Gunung Merapi, tepatnya disekitar Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), diwilayah Kabupaten Magelang.

Untuk mencobanya, pengunjung cukup menyewa jeep dan memilih paket yang disediakan oleh penyedia jasa wisata 'Fun Offroad', salah satunya milik Merapi Park Adventure. Untuk sampai ke lokasi, pengunjung langsung naik mobil jeep dari bascamp di Muntilan menuju area TNGM, sekitar 15 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam.

Ingin mencoba? Harga mulai Rp 850.000 per paket untuk 3 orang. Fasilitas: dua mobil offroad, tanam pohon, petik salak, P3K, makan dan minum. Hubungi: 087719147194

Selama perjalanan, mereka diajak berpetualang melewati jalan setapak di pedesaan dengan hamparan pemandangan perkebunan salak dan pertanian warga. Tak hanya lewat jalan setapak, mereka juga diajak melewati jalan terjal bebatuan menuju area bekas penambangan pasir. Tebing-tebing menjulang tinggi, serpihan-serpihan batu berserakan, kolam-kolam bekas penggalian menjadi saksi eksploitasi alam Merapi secara masif.

"Semula kawasan ini masih hijau. Ini adalah sungai putih yang menjadi aliran lahar ketika erupsi merapi. Aktivitas penambangan membuat kerusakan lingkungan. Secara umum, vegetasi khas Merapi di kawasan ini masih terjaga. Salah satunya hutan pinus," kata Fajar Soqiq, pengelola Merapi Park Adventure, baru-baru ini.

Perjalanan berlanjut masih melewati sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi. Diantaranya, Sungai Batang, Lamat, Putih dan Blongkeng. Lelah menikmati perjalanan, pengunjung diajak berisirahat di kawasan Jurang Jero, Srumbung atau tepat di bantaran Sungai Blongkeng. Di lokasi ini berdiri Tugu Soeharto, sebuah monumen tanda pendirian sabodam pengendali lahar Gunung Merapi yang diresmikan oleh Presiden RI ke-2 Soeharto, pada 15 September 1992 silam. Ditempat ini, mereka diajak menanam pohon bersama teman-teman pegiat penghijuan, yakni Forum Merapi-Merbabu Hijau (FMMH).

Di lokasi berketinggian sekitar 2.000 meter dari permukaan laut ini wisatawan juga bisa panen pohon salak serta menikmati makan siang dengan menu-menu tradisional. “Ditempat ini, pengunjung dapat makan salak sepuasnya. Hanya kalau ingin membawa pulang salak, harus membeli sendiri,” katanya, sambil tersenyum.

Tertarik ? Hubungi: 087719147194

Diungkapkan Fajar, Merapi Park Adventure menawarkan paket Fun Off Road, yang artinya wisatawan tidak hanya akan mendapatkan sensasi off road yang memacu adrenalin akan tetapi juga bersenang-senang menikmati pemandangan alam TNGM sambil melakukan penghijuan. "Konsep Fun Off Road lebih ke trek yang tidak terlalu ekstrem, aman untuk wisatawan, dan didampingi oleh pemandu-pemandu profesional. Kami juga melibatkan relawan-relawan Merapi," ungkapnya. (Yohanes)



Post Top Ad