Indahnya Puncak Merapi dari Gunung Gono - Info Borobudur dan Wisata Magelang

Breaking

Post Top Ad

InfoBorobudur

Post Top Ad

Pesona Magelang

Senin

Indahnya Puncak Merapi dari Gunung Gono

INFOBOROBUDUR – Meski baru dibuka setengah tahun lalu, namun perkembangan objek wisata Gunung Gono di Desa Banyubiru, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, cukup pesat. Setelah dibangun panggung terbuat dari bambu, ratusan wisatawan tertarik datang untuk mengabadikan foto berlatar Gunung Merapi dan Merbabu.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tirta Biru, Fatkhul Mujib, mengatakan, tempat-tempat selfie yang pihaknya buat tersebut, kini semakin banyak dikunjungi wisatawan. Setiap hari, tercatat ada sekitar 100 pengunjung. Jumlah ini melonjak hingga 500-an pengunjung, saat hari libur. “Pengunjungnya beragam, dari sekitar Banyubiru, luar Kecamatan Dukun bahkan luar daerah. Paling banyak rombongan keluarga,” katanya.

Tiket masuk mulai Rp 5.000,- per orang minimal 5 orang. Tertarik hubungi: 087719147194


Dari pengamatannya, para pengunjung banyak berburu ‘sunrise’ dan mencari ketenangan untuk lebih dekat dengan alam. Selain itu, Bukit Gunung Gono merupakan destinasi bersejarah, karena banyak peninggalan Agama Hindhu, berupa Yoni dan Arca Ganesha. “Selain itu juga ada peninggalan peradaban Agama Islam oleh Kyai Mukri yang dimakamkan di bukit ini. Serta menjadi tempat untuk memantau aktivitas Gunung Merapi pertama di Indonesia. Jadi para pengunjung bisa berziarah, belajar sejarah, bermain dan outbond disini,” imbuhnya.

Kepala Desa Banyubiru, Wintoro menambahkan, Pemdes Banyubiru kedepan, akan mengembangkannya menjadi ekowisata. Termasuk didalamnya ada unsur seni, budaya, konservasi bambu, dan akan menjadi lokasi konservasi burung hantu, juga tengkek buto. “Tempat wisata ini masih gratis, hanya ditarik uang parkir saja. Semua fasilitas masih swadaya dari masyarakat. Tahun ini, akan kami bantu melalui dana desa,” imbuhnya.

Seorang pengunjung asal Perumahan Taman Cibodas, Tangerang, Joko Susilo (43) mengaku senang bisa berkunjung ke tempat ini. “Terus terang, saya tidak menyangka bisa mendapatkan ‘landscape’ alam yang indah. Apalagi disini kita bisa lihat sawah yang luas, dua gunung yang fenomenal (Merbabu dan Merapi), sekaligus belajar sejarah. Saya kira, tempat ini akan menjadi tempat wisata yang unik dan banyak menarik wisatawan,” ungkapnya. (Yohanes)

Post Top Ad