Yuk Hadiri Festival Lima Gunung - Info Borobudur dan Wisata Magelang

Breaking

Post Top Ad

InfoBorobudur

Post Top Ad

Pesona Magelang

Kamis

Yuk Hadiri Festival Lima Gunung



INFOBOROBUDUR - Festival tahunan tanpa sponsor oleh para seniman petani komunitas tersebut bakal berlangsung pada tanggal 28 s.d. 30 Juli 2017 dengan sedikitnya 60 kelompok kesenian akan pentas, baik dari kalangan komunitas itu maupun jaringannya di beberapa  daerah.

Selain itu, sedikitnya 40 rumah warga disiapkan untuk menginap dan transit para tamu dari beberapa kota yang telah mengonfirmasi kepada panitia festival tentang kehadiran mereka di festival ini.

Festival tahunan tanpa sponsor oleh para seniman petani komunitas tersebut bakal berlangsung pada tanggal 28 s.d. 30 Juli 2017 dengan sedikitnya 60 kelompok kesenian akan pentas, baik dari kalangan komunitas itu maupun jaringannya di beberapa kota. 

Seniman petani dusun setempat dengan bernaung di bawah Padepokan Warga Budaya Gejayan menjadi bagian dari Komunitas Lima Gunung sejak beberapa waktu terakhir memang mengasyikkan diri dengan persiapan festival.

Kesibukan mereka, antara lain, pembuatan panggung yang luas dengan instalasi burung garuda dan naga terbang raksasa di halaman rumah warga setempat, menghiasi jalan-jalan dusun dengan instalasi seni berbahan alam, pembuatan tempat-tempat untuk berjualan aneka makanan dan minuman.

Tampaknya memang hanya modal sosial kuat yang bisa mewujudkan agenda kebudayaan, sebagaimana Festival Lima Gunung, karena mereka bukan sekadar menggelar festival tahunan, melainkan juga menyangkut perjalanan bersama para seniman petani dalam menghidupi proses berkomunitas selama ini.

"Modal sosial dijaga oleh warga, antarkomunitas, maupun dengan relasi yang jauh dari desa. Karena modal sosial itu, gembira pun hadir dengan tulus," ucap Riyadi yang juga salah satu pemimpin utama Komunitas Lima Gunung itu.









sumber :antara jateng



Post Top Ad