Arus lalu Lintas Masuk Candi Borobudur Satu Arah - Info Borobudur dan Wisata Magelang

Breaking

Post Top Ad

InfoBorobudur

Post Top Ad

Pesona Magelang

Kamis

Arus lalu Lintas Masuk Candi Borobudur Satu Arah



INFOBOROBUDUR.COM - Supaya tidak terjadi kemacetan selama libur Lebaran 2017, PT Taman Wisata Candi Borobudur Magelang, menyediakan kantong-kantong parkir kendaraan pengnjung, bahkan PT TWCB sengaja melibatkan kelompok  masyarakat sekitar untuk memberikan pelayan parkir, agar pengunjung bisa lebih nyaman.





"Untuk mencegah terjadi kemacetan, arus kendaraan diatur satu arus. Dari arah Timur (Semarang dan Yogyakarta), langsung masuk pintu Timur, sementara dari arah Barat (Purworejo) diarahkan masuk lewat pintu Barat," kata General Manajer (GM) Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB), Chrisnamurti Adiningrum, di Magelang, Rabu (21/6).

Dari hasil koordinasi, tercatat ada lima kantong parkir yang dikelola masyarakat. Yakni, di Ngaran, Cawangsari, Janan, Kurahan, Gendingan, dan Lapangan Kujon. Dengan pengelolaan parkir terpadu ini, merupakan salah satu upaya memberikan pelayanan bagi pengunjung Candi Borobudur.

Menurut Chrisnamurti, selain memberikan pelayaan parkir, PT TWCB juga menyuguhkan sejumlah atraksi seni dan budaya, seperti bergodo dan punokawan siap menyapa pengunjung Candi Borobudur yang dibangun pada Abab ke 8 oleh Dinasty wangsa Syailendra, juga dilengkapi wahana payung teduh.
"Ada juga wahana baru berupa spot foto payung teduh, berlatarbelakang candi peninggalan Raja Samaratungga, sehingga terasa ada yang berbeda," kata Chrisnamurti.

Sedang spot foto payung teduh merupakan kreasi baru yang disiapkan untuk mempercantik dan menumbuhkan suasana nan asri di jalur menuju candi Borobudur. "kami bertekada memberikan pelayanan prima dengan menciptakan suasana yang nyaman bagi wisatawan," ujarnya.

Masa ramai libur lebaran terhitung dari 22 Juni sampai 2 Juli mendatang, juga ada ragam wahana wisata menarik yang tidak kalah menarik. Yakni, kereta taman, andong wisata, kuda tunggang, sepeda wisata, paket wisata desa dengan VW, dapur foto Tempo Doeloe, jemparingan dan sebagainya.

Selama libur Lebaran, PT TWCB telah mematok target sebanyak 316.792 wisatawan yang datang berkunjung, dengan waktu  11 hari. "Angka tersebut naik 8 persen, dibanding realisasi target kunjungan lebaran tahun lalu," katanya.



Tarif masuk TWCB, tetap seperti biasa. Dewasa Rp 40.000/orang, pelajar dan anak-anak Rp 20.000/anak. Untuk turis mancanegara 25 dollar AS. Agar tidak terjebak macet, pengunjung disarankan untuk datang lebih awal atau pagi hari. Selama masa Lebaran, jam operasional TWCB diperpanjang hingga pukul 17.30 WIB. (ali)

Post Top Ad