10 Lokasi Selfie Paling Top di Magelang - Info Borobudur dan Wisata Magelang

Breaking

Post Top Ad

InfoBorobudur

Post Top Ad

Pesona Magelang

Sabtu

10 Lokasi Selfie Paling Top di Magelang

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <ins class="adsbygoogle" style="display:block; text-align:center;" data-ad-format="fluid" data-ad-layout="in-article" data-ad-client="ca-pub-8739154028035639" data-ad-slot="2426627410"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>
INFOBOROBUDUR.COM – Keindahan alam Kabupaten Magelang tak terbantahkan. Banyak destinasi wisatanya yang menyajikan keindahan alam tersebut. Kini, Kabupaten Magelang tidak hanya mengandalkan Candi Borobudur. Banyak lokasi baru yang bisa dijadikan daya tarik untuk mendatangkan wisatawan. Berikut ada 10 destinasi yang bagus untuk berfoto selfi diwilayah ini.



1.      Kragilan

Meski tergolong destinasi baru di Kabupaten Magelang, namun booming top selfi Kragilan tak terbantahkan. Paska lomba foto selfi yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (saat itu) 2014 lalu, hutan pinus di lereng Gunung Merbabu, menjadi magnet para pengemar foto selfi untuk berfoto-foto.
Kini setiap libur terutama long week end, kawasan ini selalu penuh. Bahkan jika ingin berfoto selfi saja terkadang tidak bisa bebas, saking banyaknya pengunjung yang berlalu lalang.


2.      Mangli

Berada di sebelah timur Gunung Sumbing, dengan ketinggian sekitar 1730 mdpl, Mangli menjadi salah satu lokasi foto selfi terbaik. Mayoritas penduduknya yang bekerja sebagai petani, mennyajikan keindahan alam dengan hijaunya hamparan aneka jenis sayuran. Kini banyak para wisatawan domestik sering berkunjung pada akhir pekan untuk sekedar menikmati keindahan alamnya dan juga merasakan segar udaranya yang masih alami. Di samping itu, bagi para pecinta alam bisa juga mendaki gunung sumbing melalui desa ini.
Ditempat ini, kita bisa berfoto dibeberapa lokasi. Diantaranya di gardu pandang dengan pemandangan lereng gunung sumbing yang jelas indah. Namun dari tempat ini, kita juga dapat melihat pemandangan kota magelang. Bila teman memiliki keberanian saat malam dan bulan mati dapat disaksikan jutaan bintang diatas gardu pandang ini. Kemudian rumah pohon, hutan pinus dan lima curug (air terjun).

  
3.      Candi Selogriyo

Candi Selogriyo di Kecamatan Windusari tepatnya di Dusun Campur Rejo, Desa Kembang Kuning. Salah satu candi hindu ini berada di lereng timur kumpulan tiga bukit, yakni Bukit Condong, Giyanti dan Malang, dengan ketinggian 740 mdpl. Tiga bukit tersebut berada di Lereng Gunung Sumbing.
Selama perjalanan menuju candi, kita disajikan pemandangan alam yang sangat mempesona, berupa sawah terasering. banyak orang menyebut, destinasi ini sebagai ubudnya Bali. Bahkan banyak pengunjung yang tergoda untuk berfoto selfi dengan latar belakang sawah terasering tersebut.





4.      Punthuk Setumbu

Salah satu lokasi terbaik untuk mengambil atau mengabadikan momen-momen matahari terbit. Lokasinya tak jauh dari Candi Borobudur, sekitar 1,5 km ke barat tepatnya di Desa Wisata Karangrejo. Kalau kita beruntung, dilokasi ini kita juga bisa melihat Matahari terbit tepat disela-sela antara Gunung Merbabu dan Merapi. Dibagian lain, kita juga dapat melihat Candi Borobudur yang masih diseliputi kabut. Sejak dibuka awal tahun 2000 an lalu, sudah banyak dikunjungi turis mancanegara. 





5.      Punthuk Gopakan (Gunung Kendil)

Punthuk (puncak) Gunung Kendil, Borobudur, menjadi salah satu spot sunrise terbaik untuk melihat matahari terbit diantara Gunung Merapi dan Merbabu serta Candi Borobudur. Punthuk Kendil ini terletak di Dusun Kamal, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Posisi Punthuk Kendil Gupakan ini masih berada satu deretan dengan spot sunrise lainnya seperti Punthuk Sukmojoyo dan Punthuk Mongkrong. Salah satu kelebihan spot sunrise yang dirintis sejak tahun 2015 ini adalah akses jalan yang mudah. 




6.      Ketep Pass

Objek wisata buatan yang terletak di Kecamatan Sawangan ini, menyajikan pemandangan alam berupa puncak Gunung Merapi dan Merbabu. Objek ini, sangat ramai dikunjungi wisatawan terutama saat weekend, musim libur sekolah atau libur hari raya. Dari tempat ini, kita juga bisa melihat matahari terbit mau pun tenggelam. Didalamnya, juga terdapat volcano theatre yang berisi film dokumentasi saat erupsi Gunung Merapi 2010 lalu. Selain itu juga terdapat museum gunung merapi yang berisi data dan foto-foto Gunung Merapi saat erupsi sejak beberapa puluh tahun lalu. Disini juga terdapat berbagai fasilitas permainan anak-anak dan sebagainya. Tak jauh dari lokasi ini, kita juga bisa mengunjungi Air Terjun Kedung Kayang, Agro Wisata Stroberry dan Top Selfi Kragilan.



7.      Touring Bareng VW Cabrio

Meski baru mulai awal tahun 2017 ini, namun apa yang dilakukan komunitas VW Cabrio Magelang ini, sedikit banyak telah menggairahkan kegiatan kepariwisataan diwilayah ini. Pasalnya, mereka menawarkan paket tour keliling kota, desa dan keliling destinasi wisata di Magelang, menggunakan mobil produksi dari Jerman tersebut. 
Ada sejumlah paket yang ia jual. Salah satunya paket keliling kota magelang dari Hotel Atria. Kemudian, paket keliling desa dan destinasi seperti ke Candi Selogriyo, Candi Ngawen, Candi Borobudur dan lainnya. Ada sensasi tersendiri jika kita berkeliling menggunakan armada ‘bekas’ mobil dinas camat era tahun 70-an tersebut.



8.      Jeep Merapi

Jutaan Material Merapi menghempas dari Puncak Merapi melalui aliran Kali Putih sisi Barat Gunung Merapi, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang. Lahar dingin membawa batu sebesar bus dan rumah melalap apa saja di bantara kali hingga jalan Magelang-Jogja putus total. Peristiwa bencana alam ini terjadi 2011.
Empat tahun berlalu, Kali Putih kini justru menjadi tujuan wisata alam, dengan panorama Gunung Merapi yang indah. Ada yang lebih menarik tuch yaitu Lava Tour Merapi menggunakan Jeep.
Boomming jeep dengan embel-embel lava tour merapi, menjadikan banyak orang tertarik untuk mencoba sensasinya. Bahkan hanya sekedar berfoto selfi. 




9.      Gereja Ayam (Bukit Rema)

Bukit Rema atau Gereja Ayam. Meski tergolong objek wisata baru di Kabupaten Magelang, namun sejak dipakai shoting Film AADC 2 (Ada Apa Dengan Cinta) 2015 lalu, kini menjadi booming. Lokasinya juga berdekatan dengan Candi Borobudur dan Punthuk Setumbu.
Pada awalnya, tempat ini adalah sebuah tempat ibadah (gereja). Namun urung digunakan. Lama tak digunakan, pemiliknya kemudian membukanya untuk umum sekitar 2014 lalu. Mulailah ramai dikunjungi. Dari puncak kepala ayam, kita dapat melihat keindahan Candi Borobudur dan barisan pegunungan Menoreh yang menghijau serta puncak Gunung Merapi dan Merbabu. 



10.  Puncak Gunung Andong
Gunung Andong yang terletak diperbatasan antara Kabupaten Magelang dan Semarang, tepatnya di Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, kini menjadi idola bagi para pecinta alam khususnya para pendaki gunung. Bagaimana tidak, tingginya yang hanya mencapai 1.726 Mpdl, sangat cocok bagi para pendaki pemula. Tak heran, saat musim liburan sekolah atau sabtu – minggu, hampir selalu dipadati pendaki. 
Gunung Andong ini sendiri memiliki empat puncak, yaitu puncak makam, puncak jiwa yang merupakan tempat camping ground, puncak alap-alap dan yang terakhir puncak andong yang merupakan puncak tertinggi. Untuk sampai puncak, kita bisa memilih dua jalur pendakian. Yakni, melalui Basecamp Sawit dan Dusun Pendem. (Yoh)

Post Top Ad