Telusuri Likunya Kali Elo Dengan Arung Jeram - Info Borobudur dan Wisata Magelang

Breaking

Post Top Ad

InfoBorobudur

Post Top Ad

Pesona Magelang

Senin

Telusuri Likunya Kali Elo Dengan Arung Jeram





INFOBOROBUDUR - Likunya Kali Elo yang membelah wilayah Kecamatan Muntilan dan Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, menjadi aliran  yang paling menarik, karena begitu indah untuk ditelusuri menggunakan perahu karet, terlebih  jeram kali yang airnya mengalir deras dari lereng Gunung Merbabu dan bermuara di Pantai Selatan di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Deretan panjang Kali Elo, sudah menjadi destinasi para wisatawam. Maka tak heran, selama empat hari (Februari 2017), sebanyak 112 atlet mengikuti kejuaran Arung Jeram Antaroperator di Kali Elo, Kabupaten Magelang, mengikuti lomba. 

Tujuan Kejuaraan, untuk menjalin keakraban antar operator rafting di wilayah  Magelang dan Yogya tersebut, untuk mensinergikan dalam melakukan pelayanan kepada wisatawan, termasuk menjaga keselamatan para wisatawan saat melakukan arung jeram.

Dalam Kejuaraan Rafting yang  memperebutkan total hadiah Rp10,5 juta, terdapat terdapat 20 operator yang tergabung dalam Paguyuban Operator Arung Jeram Magelang Yogya. Paguyuban yang setiap bulannya urunan membayar iuran dan bergotong royong membersihkan Kali Elo secara bergiliran. Selain itu, untuk mengakrabkan antaroperator mengadakan lomba arung jeram di Kali Elo.



Ketua Paguyuban Operator Arung Jeram Magelang Yogya, Rosyid Setiawan mengatakan, di wilayah ini ada 20 operator arung jeram yang secara bersama-sama tergabung dalam paguyuban. Dalam paguyuban tersebut para river guide telah mendapatkan pelatihan mengenai keamanan agar pengunjung menjadi nyaman. 

"Ada sekitar 150 river guide dan 100-an telah bersertifikat. Untuk lomba ini bertujuan untuk meningkatkan skill river guide lebih berkualitas, selain mendekatkan antar operator saling mengenalnya," kata Rosyid.

Wakil Ketua Lomba Arung Jeram Antaroperator Hartanto menambahkan, kejuaraan ini melombakan empat kategori yakni head to head, slalom, water rescue dan down river.  Semua kategori yang dilombakan ini masing-masing tim terdiri dari empat orang atau R4.

 "Untuk kategori head to head akan menempuh jarak sekitar  400 meter, sedangkan down river menempuh jarak sekitar 10 Km dengan start dari Jembatan Blondo hingga finis di Mendut," ujar Hartanto.

Post Top Ad