Kadisparpora Kabupaten Magelang Lakukan Monitoring Dan Evaluasi Terhadap Wisata Alam Telomoyo - Info Borobudur dan Wisata Magelang WA 0813 2707 6559

Breaking

Post Top Ad

InfoBorobudur

Post Top Ad

Pesona Magelang

Rabu

Kadisparpora Kabupaten Magelang Lakukan Monitoring Dan Evaluasi Terhadap Wisata Alam Telomoyo


NGABLAK – Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso hari ini Rabu (22/07) mengadakan kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap Wisata Telomoyo. Dalam kegiatan yang dimulai sekitar pukul 08.00 itu, Iwan Sutiarso menyempatkan untuk melihat dan melakukan simulasi tentang penerapan protokol kesehatan di lokasi wisata tersebut.

Seperti yang diketahui jika Daya Tarik Wisata Telomoyo ini sudah dibuka secara terbatas dan bertahap pada 11/07 yang lalu. Namun ketika pada hari Minggu 19/07 terjadi penumpukan wisatawan sehingga pihak pengelola terpaksa melakukan penutupan sementara.

” Kami menyesalkan kerumunan dan penumpukan wisatawan yang terjadi pada hari Minggu 19/07 kemarin. Untuk itu pengelola sudah kami ingatkan untuk disiplin menerapkan SOP standar protokol kesehatan.” Kata Iwan.

Dirinya juga mengingatkan kepada pengelola untuk tetap menjalankan 7 prinsip dasar adaptasi kebiasaan baru dan standar protokol kesehatan, kebersihan, keselamatan serta pembatasan jumlah pengunjung.

” Kami dorong agar pengelola dapat berkoordinasi dengan unsur TNI, Polri, Satpol PP dan relawan utk keamanan dan ketertiban wisatawan. Namun Alhamdulillah tadi yang saya lihat pengelola sudah menghentikan sementara kunjungan wisatawan dan melakukan evaluasi. Ini langkah yang baik.” Tambah Iwan.

Sementara Wardoyo selaku ketua LMDH Telomoyo mengatakan pihaknya sudah melakukan langkah-langkah untuk penataan kembali Wisata Telomoyo. Untuk Hari Rabu (22/07) dan Kamis (23/07) pihaknya akan melakukan kegiatan simulasi.

” Untuk dua hari (Rabu dan Kamis) ini akan kami lakukan simulasi. Kemudian hari Jumat kami lakukan penyemprotan disinfektan dan membersihkan sampah. Kemudian di hari Sabtu sampai dengan Kamis akan kami lakukan uji coba berbayar nantinya.” Kata Wardoyo.

Dalam kesempatan itu dirinya juga menyebutkan jika Wisata Alam Telomoyo akan dibagi dalam beberapa paket wisata diantaranya adalah Paket Sunrise mulai jam 04.00 s.d 09.00. Paket 2 jam 09.00 s.d 12.00. Paket 3 jam 12.00 sampai jam 15.00. Dan Paket Sunset jam 15.00 sampai jam 19.00

” Memang kita bagi menjadi beberapa paket seperti yang saya sebutkan tadi. Dan untuk satu paket kami batasi hanya sebanyak 300 pengunjung.” Tambahnya.

Pihak pengelola juga akan mengatur sistem loket dengan dibuat pintu cek poin setelah loket atau setelah parkiran dengan maksud untuk mengontrol jumlah pengunjung sesuai ketentuan. Untuk besaran tiket masuk masih menunggu evaluasi dari simulasi.

” Kami baru menjajagi tentang kemungkinan pengelolaan tiket secara online atau e-ticketing. Semoga segera dapat terlaksana.” Imbuhnya.

Camat Ngablak Imam Wisnu Kusuma juga mengharapkan kegiatan simulasi yang sudah bagus dan sesuai dengan 7 instruksi Bapak Bupati Magelang serta protap kesehatan dapat terus diimplementasikan.

” Untuk kebaikan bersama saya harap nantinya 7 pedoman dasar instruksi Bapak Bupati ini dapat terus diimplementasikan. Terimakasih juga untuk Pak Kepala Disparpora Kabupaten Magelang yang telah berkenan hadir hari ini. Ini bentuk perhatian buat kami.” Kata Imam.(Dw)

Foto : Kadispora Iwan Sutiarso melakukan monitoring di Wisata Alam Telomoyo, Istimewa

Post Top Ad